Selasa, 26 Oktober 2010

Dimanakah kuletakkan Ukhuwah itu sekarang ??

     Sebuah pertanyaan yang aku sendiri tidak mampu untuk menjawabnya sekarang. Satu yang kusadari bahwa ukhuwah itu terletak dalam indahnya ikatan cinta Allah. Dan bahkan ukhuwah tanpa diminta janjipun, kita mesti tunaikan kepada sesama sodara kita. Dan apa yang telah kulakukan , aku pun tak tahu. Tadi roomateku bertanya, kenapa aku diam dengan sodaraku sendiri, sodara yang dulu pernah kusayangi dan selalu kukatakan sodara ? Apa maksutnya dg "pernah". Sampai saat ini pun aku masih menggangapnya sodaraku dan tentu aku menyayangi sodaraku. BAgiku setiap prajurt dakwah, mereka telah dengan keikhlasannya menyerahkan hidup, hati, pikirna dan tenaga mereka dalam dakwah ini, maka aku mencintainya karena mereka mencitai Allah. Adakah pantas aku membenci mereka. Jikalau hari ini ada perbedaan dan mungkin perselisihan, itu hanya diluar saja. Di hati, mereka tetaplah sodara-sodara yang kusayangi.

Ukhuwah bukan terletak pada kemanisan kata
Ukhwuah bukan pula terletak pada indahnya senyuman
Karena ukhuwah terletak pada keikhlasan untuk saling mencintai
DAn saling tolong menolong dalam kebaikan
Adakah pantas keburukan harus kubela ?
Ukhuwah itu erat sehingga siapa pun tak mampu memotongnya
Karena itulah ia disebut Ukhuwah Islamiyah
Dan sungguh Allah pemiliknya dan aku adalah pelakonnya..

     Sungguh kurindukan banyak hal, tapi ternyata keriduan itu dilarang. Sungguh kuingin seperti dulu, berbicara dengan bebas, namun tidak, KArena itu bukan kebebasan. Itu adalah jerat setan. Lalu aku memilih untuk berada di jalan yang Allah ridho karenanya. Ridho akan ukhuwah yg sebenarnya. Aku belajar, sungguh aku belajar. Bukan untuk dekat dan bukan untuk jauh, tapi aku belajar agar aku berhak mendekat selangkah demi selangkah kepada ALlah. Apakah ini sebuah kesalahan ? Dan sungguh kallam Illahi itu teramat luas. Hanya kita kurang mempelajarinya ternyata. Sehingga kita berpedoman bahwa apa yg kita lihat selama ini dan kita pelajari adalah benar. Padahal ilmu itu teramat luas untuk dicari.

             Sungguh ukhuwah itu tidak akan bermasalah dengan jarak dan waktu karena ukhuwah itu terletak di hati dan dibalut dengan kasih sayang.

0 komentar:

Posting Komentar